Penolakan Yang Berbuah Motivasi Dalam Kisah Family Crispy Milik Muhammad Nur

Hati Muhammad Nur tergerak kala melihat banyak mahasiswa di lingkungan kampusnya harus putus sekolah karena isu klasik: Uang. Dari sini, kisah Nur dalam dunia bisnis dimulai.

Banyak cerita miris yang terjadi di lingkungan tempat Nur mengenyam pendidikan. Ia melihat banyak mahasiswa yang harus memendam impian menyandang gelar sarjana karena keterbatasan finansial. Lalu, di luar dari lingkungan tersebut, Nur juga menyaksikan banyak orang tua yang pontang-panting mencari pekerjaan layak demi memberikan nafkah kepada keluarganya.

Hati kecil Nur tergerak. Ia ingin membantu mereka keluar dari permasalahannya dengan membangun lapangan pekerjaan. Niat baiknya berubah menjadi inisiatif untuk membangun unit usaha bernama Family Crispy. Setelah melakukan survei, Nur melihat peluang dari olahan jamur tiram putih yang ternyata bisa dijadikan cemilan sehat buat warga di sekitar Kecamatan Bantimurung, Sulawesi Selatan.

Suara Penolakan dari Keluarga

Tak ada yang mulus dalam kegiatan berbisnis. Nur dihadapkan dengan sejumlah masalah yang membuat perkembangan unit usahanya jadi terhambat. Mulai dari keterbatasan ilmu soal pemasaran hingga faktor internal seperti keluarga yang tidak mendukung keputusannya untuk berusaha.

Walau demikian, Nur enggan menghentikan langkahnya demi sebuah tujuan: Membangun lapangan kerja buat mereka yang membutuhkan. Ia juga ingin membuktikan kepada banyak orang bahwa kesuksesan tidak hanya didapatkan dari dunia profesional, sebagaimana yang diinginkan oleh kedua orang tuanya.

Segudang Pengalaman dari EYW

Niat baik Nur membawanya ke program Empower Youth for Work (EYW) gagasan ANGIN dan Oxfam Indonesia.

Mengikuti EYW bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah ia buat. Pasalnya, Nur mendapatkan berbagai macam ilmu soal menjalankan usaha serta motivasi dari para mentor untuk tidak patah arang dalam berbisnis.

Manfaat EYW buat Nur tidak sampai di situ saja. Program ini memungkinkan dirinya membangun koneksi dengan sesama pengusaha muda, mencari solusi atas permasalahannya, dan berkesempatan untuk memperkenalkan unit bisnisnya kepada calon investor. Beragam kegiatan dari EYW membuat dirinya kenyang akan pengalaman.

Jangan Takut Berwirausaha

Nur menyuarakan motivasi buat para pemuda untuk berani terjun ke dunia bisnisnya. “Teman pemuda, janganlah engkau takut terjun dalam berwirausaha, karena sekecil apa pun usaha yang kita jalankan, kita yang memimpin.”

“Jika kamu takut gagal, Ingat kata-kata ini ‘Kesuksesan seseorang berawal dari kegagalan. Tidak ada orang sukses tanpa merasakan kegagalan. Jangan takut akan kegagalan,’ dan kata ini ‘Ku habiskan 10 kegagalanku untuk mencapai satu kesuksesanku’. Jadi buat kalian yang sudah gagal, jangan berhenti. Ayo coba lagi sampai kamu mendapatkan kesuksesannya,” kata Muhammad Nur memotivasi.

Pin It on Pinterest