Sopyan dan Keinginannya Untuk Memiliki Bisnis Yang Bermanfaat

Meskipun tidak mendapatkan dukungan dari orang tua, Sopyan tetap berusaha membangun bisnisnya. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk mencapai nilai kemandirian dan kebermanfaatan yang luas.

Melihat kondisi anak muda di daerahnya, Sopyan tergerak untuk mendirikan sebuah bisnis dengan harapan apa yang dilakukannya dapat memotivasi dan menjadi pembelajaran bagi mereka. Kebetulan ia memiliki hobi membuat kopi dan sudah berpengalaman menjadi barista. Berbekal dengan kemampuannya tersebut, Sopyan memberanikan diri untuk membuka bisnis pertamanya setelah lulus kuliah, bernama KOST.

Sopyan bahkan menjadikan bisnisnya tersebut sebagai tempat bagi anak-anak muda yang merupakan adik tingkatnya semasa kuliah untuk belajar berwirausaha. Ia menyadari betul apa yang dilakukannya, karena salah satu tujuan dari berdirinya bisnis tersebut adalah untuk mencapai nilai kebermanfaatan yang meluas serta mandiri.

Dalam mendirikan bisnis, Sopyan tidak pernah main-main. Ia bahkan memiliki visi untuk usahanya tersebut, yaitu “Menjadi unit usaha yang senantiasa memperhatikan 3P dan bersinergi untuk mencapai NET Profit berkelanjutan”.

 Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, selain disibukkan dengan karir bisnisnya, Sopyan juga berinisiatif untuk menggalang donasi yang diperuntukkan bagi daerah-daerah yang membutuhkan. Ia berharap apa yang dilakukannya dapat membantu meringankan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh warga di daerah.

Terhalang Restu Orang Tua

Meskipun demikian, Sopyan sadar langkahnya ini tidak akan mudah. Selama menjalankan bisnis dan donasi, beberapa kendala dan masalah kerap datang menghampirinya. Adapun masalah utama yang dihadapi Sopyan adalah kurangnya pemahaman dan motivasi dalam menjalankan bisnis. Sopyan juga sempat mengalami fase naik-turun ketika ia belum menemukan produk yang tepat untuk bisnisnya. 

Masalah Sopyan tidak berhenti sampai disitu, jenis bisnis yang ditekuninya membuat orang tuanya bertanya-tanya. Pasalnya, dulunya Sopyan berkuliah di jurusan teknik dan kini ia memilih bisnis yang jauh dari bidang tersebut. Tidak adanya dukungan dari orang tua, tidak membuat Sopyan patah arang. 

Keyakinan Sopyan Terhadap Perkembangan Bisnisnya

Salah seorang pelanggan KOST memberi tahu Sopyan tentang berbagai program yang diberikan oleh Empower Youth for Work (EYW) yang digagas oleh ANGIN dan Oxfam Indonesia. Sopyan pun tertarik untuk mengikutinya. Benar saja, setelah mengikuti program tersebut, Sopyan semakin yakin untuk terus menjalankan bisnisnya tersebut. EYW memberikan banyak motivasi dan dorongan kepada Sopyan terkait keberlangsungan bisnisnya.

Melalui program EYW ini juga Sopyan memiliki banyak dukungan dan kesempatan untuk mempresentasikan ide bisnisnya di depan investor dan mendapatkan feedback yang positif dari mereka. Selain itu, ia juga diberikan kesempatan untuk melakukan business matching dan berbicara dengan banyak pemilik perusahaan besar di Indonesia. Bagi Sopyan tentu hal ini sangat berharga dan berguna bagi perkembangan bisnisnya.

Sopyan berharap “Anak muda di Indonesia tahu tentang program EYW ini, sebab dengan mengikuti program ini kita bisa meningkatkan kualitas diri dan semakin terarah dalam mengembangkan ide usaha hingga merealisasikan ide tersebut menjadi aksi nyata. Saya memperoleh banyak manfaat dan pengalaman semenjak mengikuti program EYW, saya berharap semakin banyak anak muda di Indonesia yang ikut terlibat pada program berikutnya.”

Pin It on Pinterest