Kisah Riska yang Membangun Hidup Mandiri Lewat PIKSAS

Keinginan untuk hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang tua menjadi alasan utama mengapa Riska merintis PIKSAS. Harapannya, unit usaha yang sedang ia bangun bisa menjadi sumber penghasilan tambahan buat menyambung hidup keluarganya.

Kreativitas merupakan salah satu motivasi terbesar bagi anak muda untuk maju, tak terkecuali Riska yang memulai bisnisnya dari keinginan menjadi mandiri tanpa bergantung kepada orang tuanya. Mengolah bahan dasar sagu menjadi produk makanan sehat merupakan hasil dari kreativitas mahasiswi ini. 

Usaha Riska mengolah sagu menjadi keripik diawali dari proses menabung uang yang didapatkan dari orang tuanya. PIKSAS adalah salah satu bisnis yang Riska ikutkan dalam program merintis usaha di kampusnya. Hasil survei yang dilakukan Riska menemukan bahwa masyarakat Kendari mengolah sagu sebagai makanan pokok. Ini yang membuat produk PIKSAS menjadi inovasi terbaru dalam pengolahan bahan dasar sagu.

Harapan Mulia Riska

Sebagai mahasiswi rantau yang jauh dari orangtuanya, Riska membentuk bisnis ini dengan harapan dapat membantu teman-temannya dan ibu rumah tangga untuk mendapat penghasilan tambahan buat keluarga. Keinginan Riska untuk mendukung gaya hidup sehat juga menuntun dirinya dalam menjalankan bisnisnya.

Seperti kebanyakan pebisnis muda saat ini, Riska juga mengalami berbagai permasalahan yang menghambat proses pembangunan PIKSAS. Dukungan yang didapatkan ternyata tidak sesuai dengan profesi yang dijalankan Riska saat ini. Namun, itulah yang mendorong Riska untuk berjalan lurus dan mendobrak setiap tuntutan.

Pengalaman Berkesan dari EYW

Riska tidak menyerah. Ia mulai mendaftarkan bisnisnya ke berbagai program dan komunitas dan membawanya ke program Empower Youth for Work (EYW). Bagi Riska, program ini memberikannya banyak pengalaman berkesan, di mana Riska mendapat banyak ilmu yang luas soal wirausaha dan bertemu mentor-mentor berpengalaman, sehingga Riska bisa membekali diri dengan pemahaman baru untuk bisnisnya. Harapannya, melalui program ini, ia dapat memperluas bisnisnya dan memberikan peluang yang lebih luas bagi masyarakat sekitar.

“Kepada genarasi muda, pesan saya jika ada kesempatan jangan pernah lewatkan! peluang dan kesempatan yang diberikan khususnya pada program EYW adalah hal yang tidak semua orang bisa dapatkan, di mana pada program tersebut kita bisa mendapatkan banyak hal untuk berproses dalam pengembangan diri. Bukan hanya ilmu dan wawasan, tetapi jaringan yang luas, materi, pengalaman serta dipertemukan orang-orang hebat," kata Riska kepada tim EYW.

“Jangan pernah merasa takut untuk melakukan hal yang berbeda jika itu bisa memberikan dampak yang jauh lebih baik untuk diri sendiri dan juga orang sekitar. Generasi muda harus bangkit dan terus berinovasi,” tutupnya.

Pin It on Pinterest