Yayat Hidayat, Inka Adventure dan hobinya beraktivitas outdoor

Meskipun sempat kesulitan membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, Yayat tetap bertekad membangun bisnisnya sendiri. Berangkat dari hobi berkegiatan outdoor, ia pun mendirikan bisnis Inka Adventure.

Tahun 2018 adalah awal dari terbentuknya Inka Adventure. Cerita ini bermula dari keinginan Yayat Hidayat untuk memiliki bisnis peralatan untuk berpetualang sendiri. Sebab, ia merasa kesulitan ketika hendak menyewa berbagai peralatan yang diperlukannya ketika akan melakukan aktivitas outdoor seperti camping, mendaki gunung, hiking dan lain sebagainya.

Ya, Yayat sangat hobi melakukan aktivitas menantang yang berbau alam. Berbagai kegiatan outdoor sudah lama ditekuninya. Berangkat dari hobinya itu jugalah akhirnya Yayat menguatkan tekad untuk membangun bisnis outdoor. Tujuannya adalah untuk memudahkan para pencinta alam dalam melakukan penyewaan berbagai pernak pernik adventure. Dorongan dan dukungan positif dari lingkungan sekitar menambah semangat Yayat untuk mendirikan bisnis tersebut. Ia menjadikan hal itu sebagai motivasi bagi dirinya ketika mengalami banyak kendala dalam bisnis dan kembali bangkit untuk membangunnya. Sehingga, bisnis Inka Adventure tetap bisa bertahan hingga saat ini.

Antara Kuliah dan Berbisnis

Apapun jenis usahanya, hambatan pasti selalu datang. Walaupun telah direncanakan dengan sangat baik, menginginkan sebuah akhir yang bahagia tidak pernah mudah. Selalu ada lika liku yang harus dilewati. Begitu juga dengan perjalanan karir bisnis Yayat. 

Ketika itu ia masih berstatus mahasiswa. Sehingga kendala terbesar yang dialaminya adalah manajemen waktu. Ia harus membagi waktunya antara menyelesaikan aktivitas perkuliahan dan menjalankan bisnis. 

 Padatnya jadwal kuliah menyita banyak waktu Yayat, sehingga bisnisnya kerap terabaikan. Sedikit banyaknya, kendala ini berimbas buruk terhadap perkembangan bisnisnya. Namun, hal itu tidak menjadi penghalang bagi Yayat untuk terus berusaha.Tidak ada kata menyerah, ia tetap menekuni bisnisnya tersebut.

Harapan Besar Untuk Generasi Muda Indonesia

Alasan Yayat melakukannya adalah karena ia memiliki harapan yang besar terhadap generasi muda Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di area rural. Ia berharap dengan usaha yang dimilikinya ia bisa mempekerjakan banyak orang dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.  Selain itu, ia juga ingin membantu anak muda lainnya yang ingin membangun bisnis namun masih mengalami banyak kendala seperti minimnya peralatan, mahalnya harga barang dan lain sebagainya. Sehingga ia menargetkan bisnis tersebut untuk anak-anak muda yang berusia sekitar 18-25 tahun yang memiliki ketertarikan kepada aktivitas alam.

Ditengah harapan yang begitu besar terhadap pengembangan bisnisnya dan dengan berbagai kendala yang sedang dihadapi, Empowering Youth for Work (EYW), sebuah program yang digagas oleh ANGIN dan Oxfam Indonesia, mencuri perhatiannya. Ia melihat bahwa program ini membuka peluang besar untuk mengembangkan usaha.

Adanya dana hibah, coaching dan mentor yang berpengalaman membuat Yayat semakin termotivasi untuk mengikuti program EYW. Selain itu, menurut Yayat program ini bisa menjadi wadah baginya untuk menambah jejaring dan relasi dengan pengusaha muda lainnya di seluruh Indonesia. Dengan demikian ia memiliki kesempatan yang lebih luas lagi untuk saling bertukar ilmu dan informasi terutama seputar kewirausahaan. 

Masa Emas UMKM Kendari

Ternyata Yayat tidak salah, setelah mengikuti program ini ia merasakan manfaat yang sangat banyak. Ia merasa setiap pertemuan dan materi yang diberikan oleh EYW memberikan segudang pengetahuan yang sangat berguna bagi Yayat dalam mengembangkan bisnis Inka Adventure miliknya.

“Saya berharap kegiatan ini terus berjalan namun dalam keadaan offline dan berkoneksi hingga akhir atau berkepanjangan,” begitu harapan Yayat setelah mengikuti program EYW tersebut.

Tidak lupa ia juga berpesan kepada semua generasi muda untuk terus semangat dan mau memulai usaha. Menurutnya saat ini UMKM di kota Kendari sedang dalam fase perkembangan. Sehingga, waktu ini menjadi sangat tepat bagi pengusaha muda untuk merintis bisnis.

Pin It on Pinterest