Rinaldi dan Upaya Membantu Pengusaha Muda Jadi 'Melek Digital' Lewat YES Sultra

Rinaldi punya niatan yang mulia: Membantu pengusaha muda agar bisa berbicara banyak di era digital seperti sekarang. Namun, ia harus menyelesaikan masalah yang terjadi pada YES Sultra terlebih dahulu.

Pandemi memaksa banyak pengusaha muda jadi melek digital. Mereka, mau tak mau, harus memasarkan produknya melalui berbagai bentuk media sosial demi menjangkau calon pembelinya yang tak bisa keluar rumah. Rinaldi melihat ini sebagai peluang untuk membantu para pengusaha lewat media bernama YES Sultra.

Sekilasi informasi, YES Sultra adalah sebuah lembaga yang dibentuk pada tahun 2020. Komunitas ini beranggotakan 36 pengusaha muda yang sebelumnya tergabung sebagai dampingan ASPPUK dalam program EYW.

Masalah Umum di Kalangan Pengusaha Muda

Dari kacamata Rinaldi, masalah yang kerap dialami oleh para pengusaha muda adalah minimnya pengetahuan soal aspek visual produk. Ini kemudian menjadi salah satu faktor yang membuat promosi lewat digital marketing mereka lemah. Berangkat dari permasalahan ini, Rinaldi pun memulai usahanya.

Meski datang sebagai pemberi solusi, bukan berarti perjalanan YES Sultra sebagai sebuah unit usaha bisa berjalan mulus. Di sini letak ironinya: Rinaldi pun terhimpit masalah, walaupun konteksnya berbeda dengan para pengusaha yang hendak ia bantu.

Salah satu hambatannya adalah kebutuhan operasional untuk mendukung berjalannya YES Sultra yang cukup mahal. Masalah ini diperparah oleh sikap studio foto di daerahnya yang tidak menganggap produk UMKM sebagai ‘pasar utama’. Sederet masalah tidak membuat semangat Rinaldi runtuh. Ia percaya bahwa ada banyak pengusaha muda di luar sana yang membutuhkan bantuannya lewat YES Sultra.

Manfaat Berharga dari EYW

Rinaldi pun mengikuti program Empower Youth for Work (EYW) yang digagas oleh ANGIN dan Oxfam Indonesia untuk mencari jalan keluar. Dalam program ini, Rinaldi mendapatkan pembinaan dan motivasi dari mentor-mentor yang juga pelaku bisnis di Indonesia. Selama mengikuti EYW, Rinaldi dibimbing untuk menyusun usaha dan strategi buat keberlangsungan bisnisnya.

Selain ilmu, Rinaldi juga mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringannya selama mengikuti program ini. Berkat itu, ia bisa mempresentasikan bisnisnya dengan pejabat daerah dan perusahaan besar. Jelas, ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk membuat YES Sultra berkembang jadi lebih baik lagi.

Pesan Rinaldi Buat Pengusaha Muda di Indonesia

Buat para pemuda yang sedang merintis usahanya, Rinaldi memberikan pesan: “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan berwirausaha, juga meningkatkan jaringan kita.

“Kegiatan ini juga mengasah kita menjadi pengusaha yang disiplin, bertanggungjawab dan memiliki target yang jelas. Pastikan kita semua mendapat kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tutupnya.

Pin It on Pinterest